Hubungan Pengetahuan Paragraf dengan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X1 SMK Pemda Padang Panjang

Sriyanti, Rini (2011) Hubungan Pengetahuan Paragraf dengan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X1 SMK Pemda Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RINI_SRIYANTI_76934_1793_2011.pdf] Text
final_B1_RINI_SRIYANTI_76934_1793_2011.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan tentang paragraf
dengan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas XI SMK Pemda Padang Panjang.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) hakikat menulis, (2) hakikat paragraf, (3)
hakikat deskripsi, dan (4) pembelajaran menulis deskripsi dalam KTSP.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi
penelitian adalah siswa kelas XI SMK Pemda Padang Panjang yang terdaftar pada tahun
pelajaran 2010/2011, dan berjumlah 171 orang. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis
data sebagai berikut. (1) memberi skor terhadap hasil tes pengetahuan tentang paragraf dan hasil
tes keterampilan menulis paragraf deskripsi. (2) mengubah skor dari tes pengetahuan tentang
paragraf dan tes keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa menjadi nilai. (3) menentukan
nilai rata-rata hitung dari pengetahuan paragraf dan keterampilan menulis paragraf deskripsi
siswa. (4) mengkonversikan nilai pengetahuan paragraf dan keterampilan menulis paragraf
deskripsi siswa dengan menggunakan konversi skala sepuluh. (5) membuat histogram
pengetahuan tentang paragraf dan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa secara
keseluruhan. (6) pengujian hipotesis. (7) menganalisis dan membahas data penelitian. (8)
menyimpulkan hasil pembahasan.
Dari hasil pengolahan data dan pembahasan penelitian tersebut, dapat disimpulkan
bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan tentang paragraf dengan keterampilan menulis
paragraf deskripsi siswa kelas XI SMK Pemda Padang Panjang. Nilai rata-rata pengetahuan
tentang paragraf yang diperoleh siswa adalah 63,37, yaitu berada pada kualifikasi cukup (C),
sedangkan nilai rata-rata dari keterampilan menulis pargaraf deskripsi siswa adalah 57,90 dan
berada pada kualifikasi Cukup (C).
Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disarankan sebagai berikut. Pertama, untuk lebih
meningkatkan pengetahuan tentang paragraf siswa, maka diharapkan kepada guru bidang studi
Bahasa dan Sastra Indonesia agar lebih memperdalam materi yang diberikan kepada siswa terkait
tentang paragraf. Kedua, untuk lebih meningkatkan keterampilan menulis siswa, maka guru
bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia agar lebih sering memberikan latihan menulis guna
melatih serta meningkatkan keterampilan dalam menulis. Ketiga, kepada siswa diharapkan agar
lebih memperdalam pengetahuan khususnya yang berhubungan dengan paragraf, dan
memperbanyak latihan menulis di rumah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 01:31
Last Modified: 24 Oct 2025 01:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27629

Actions (login required)

View Item
View Item