Hubungan Hasil Belajar Pengembangan Budaya Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Rais, Rahma (2011) Hubungan Hasil Belajar Pengembangan Budaya Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RAHMA_RAIS_78899_2011.pdf] Text
final_B1_RAHMA_RAIS_78899_2011.pdf

Download (263kB)

Abstract

Mata kuliah pengembangan budaya kewirausahaan merupakan mata kuliah
bidang studi yang wajib diikuti oleh mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan. Dalam perkuliahan mahasiswa mempunyai kendala yaitu tidak ada
penerapan ilmu langsung. Mata kuliah kewirausahaan adalah salah satu mata
kuliah yang diminati oleh mahasiswa, akan tetapi dalam perkuliahan mahasiswa
sering menganggap remeh dan banyak mahasiswa yang tidak mencatat dan tidak
memiliki buku pedoman serta pemahaman mahasiswa tentang materi kuliah
kurang maksimal, tugas yang diberikan dosen sering dilalaikan sehingga hasil
yang di harapkan kurang maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk melihat
hubungan hasil belajar pengembangan budaya kewirausahaan dengan minat
berwirausaha mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional, dengan populasi
adalah seluruh mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Padang yang mengambil mata kuliah
pengembangan budaya kewirausahaan pada semester Januari-juni 2010. Penarikan
sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling yaitu 30% dari
populasi, jadi sampel dalam penelitian berjumlah 49 orang. Teknik pengumpulan
data adalah angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik
parametrik yaitu formula regresi sederhana pada tingkat signifikansi α 0,05.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Hasil belajar pengembangan
budaya kewirausahaan mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Jurusan
Kurikulum dan Teknologi dengan hasil belajar yaitu 37 (75.5%) mahasiswa
masuk dalam kelas interval 69.5 – 73. 2) Kecendrungan minat berwirausaha
mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Jurusan Kurikulum dan
Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang pada semester Januari-Juni
2010 baik yaitu mecapai 89.11%. 3) Terdapat hubungan serta kontribusi hasil
belajar pengembangan budaya kewirausahaan terhadap minat berwirausaha
dimana hasil perhitungan mengunakan korelasi product moment menunjukkan
bahwa nilai rhitung = 0.678 sedangkan nilai rtabel = 0.273). Karena nilai rhitung > rtabel
atau 0.678 > 0.273, maka hasil belajar pengembangan budaya kewirausahaan
memiliki hubungan dan kontribusi yang kuat terhadap minat berwirausaha
mahasiswa. Sedangkan besarnya kontribusi hasil belajar pengembangan budaya
kewirausahan terhadap minat berwirausaha adalah 45.9%, ini berarti hasil belajar
pengembangan budaya kewirausahaan sebagai variable bebas dapat memberikan
kontribusi sebesar 45.9% pada minat berwirausaha sebagai variable terikat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 01:29
Last Modified: 24 Oct 2025 01:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27617

Actions (login required)

View Item
View Item