Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif melalui Strategi Intreraksi Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar 41 Seberang Padang Selatan Kecamatan Padang Selatan Kota Padang.

Nurlengl, Nurlengl (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif melalui Strategi Intreraksi Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar 41 Seberang Padang Selatan Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURLENGKI_90342_2011.pdf] Text
final_B1_NURLENGKI_90342_2011.pdf

Download (501kB)

Abstract

Keterampilan membaca intensif siswa masih rendah, siswa belum mampumenjawab pertanyaan tentang isi bacaan dan belum mampu menentukan gagasanutama,penyebabnya adalah guru belum optimal membimbing siswa saatpembelajaran membaca intensif. Permasalahan yang akan di teliti adalahbagaimana peningkatan keterampilan membaca sintensif dengan menggunakanstrategi inteaktif di kelas IV SD. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikanpeningkatan keterampilan membaca intensif dengan menggunakan strategiinteraktif di kelas IV SD pada tahap pembaca, saat baca dan pasca baca.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatankualitatif dan kuantitatif. Perencaaan penelitian di susun meliputi 1). Lokasipenelitian, 2). Subyek penelitian, 3). Waktu, 4). Alur penelitian, 5), studipendahuluan awal, 6). Perencanaan, 7). Tahap pelaksanaan, 8). Tahap pengamatandan tahap 9). Refleksi. Data diikumpulkan dengan menggunakan tekhnikobservasi dan pencatatan lapangan, sumber data dari hasil observasi dan hasilbelajar siswa.Hasil yang dicapai dari 23 orang siswa pada siklus I masih dikategorikanbelum berhasil, karena hasil belajar siklus I yaitu 63,13 dan siklus II dilakukanperbaikan hasil yang dicapai lebih baik yaitu 81,96 dengan kategori sangat baik.Proses pembelajaran membaca intensif meningkat dengan menggunakanpembelajaran strategi interaktif, siswa sudah mampu menjawab petanyaan denganbenar dan dapat menentukan gagasan utama dan bacaan dengan tepat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF, STRATEGI INTERAKTIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 01:28
Last Modified: 24 Oct 2025 01:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27613

Actions (login required)

View Item
View Item