Donal, Rahma (2011) Peningkatan Pembelajaran PKn melalui Penggunaan Metode Bermain Peran di Kelas V SD Negeri 08 Kumbayau Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RAHMA_DONAL_07663_322_2011.pdf
Download (213kB)
Abstract
Kondisi pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) khususnya Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) pada saat ini masih banyak menggunakan model belajar
konvensional (metode Ceramah). Pada pembelajaran, siswa hanya menjadi objek,
sehingga kurang mendorong potensi yang dimiliki siswa untuk berkembang.
Pembelajaran PKn dengan penggunaan metode bermain peran di kelas V SD sangat baik
untuk diterapkan. Hal tersebut bertujuan agar siswa mampu memerankan sesuatu ke
depan kelas, mempunyai sikap menghargai orang lain, kreatif, belajar memecahkan suatu
masalah tertentu serta mampu bergaul dalam lingkungan kelompok maupun kehidupan
sosial.
Berdasarkan kondisi dilapangan bahwa kemampuan bermain peran siswa kelas V
SD Negeri 08 Kumbayau Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto masih rendah,
penyebabnya adalah metode ini jarang digunakan dalam pembelajaran PKn. Atas dasar
tersebut maka penulis mengadakan penelitian pada bidang studi PKn dengan
menggunakan metode bermain peran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa
dalam pembelajaran dengan menggunakan bermain peran. Hal ini ditunjukkan dengan
peningkatan hasil berupa nilai yang didapat siswa, yaitu nilai pada siklus I berdasarkan
dari penilaian hasil dengan rata-rata adalah 6,92. Sedangkan nilai pada pelaksanaan
pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 8,20. Pada tahap perencanaan
pembelajaran, kemampuan guru merancang perencanaan pembelajaran semakin
meningkat. Hal ini tercermin dari (1) rencana pembelajaran telah mencakup hal-hal yang
menjadi dasar penyusunan perencanaan, (2) rencana pembelajaran disusun berdasarkan
kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan memperhatikan minat dan kebutuhan siswa,
(3) rencana pembelajaran telah memuat tugas-tugas pembelajaran secara jelas dan rinci
yang mendukung pencapain tujuan
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | METODE BERMAIN PERAN |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 06:54 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 06:54 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27602 |
