Perbandingan hasil Belajar biologi Siswa yang Diberi Teknik Penemepelan Pertanyaan di Papan Tulis dengan lembar Diskusi Siswa di Kelas VII SMP Angkasa LANUD Padang Tahun Pelajaran 2010/2011

Olina, Rahma (2011) Perbandingan hasil Belajar biologi Siswa yang Diberi Teknik Penemepelan Pertanyaan di Papan Tulis dengan lembar Diskusi Siswa di Kelas VII SMP Angkasa LANUD Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RAHMA OLINA-77479-2011.pdf] Text
final_B1_RAHMA OLINA-77479-2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nilai rata-rata ujian tengah semester biologi siswa kelas VII semester II
SMP Angkasa LANUD Padang masih berada di bawah KKM. Hal ini terjadi
karena pembelajaran biologi di sekolah umumnya masih terpusat pada guru serta
terbatasnya media yang disediakan. Hal tersebut membuat siswa monoton dalam
pembelajaran. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan
menerapkan penempelan pertanyaan di papan tulis dan Lembar Diskusi siswa
(LDS) dalam model Learning Cycle terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII
SMP Angkasa LANUD Padang tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan
penempelan pertanyaan di papan tulis dengan yang menggunakan LDS dalam
model Learning Cycle di kelas VII SMP Angkasa LANUD Padang tahun
pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan The
Static Group Comparation. Sampel dipilih menggunakan random sampling,
didapatkan kelas eksperimen 1 (VII 1) dan kelas eksperimen 2 (VII 2). Instrument
yang digunakan yaitu soal test yang diberikan di akhir materi pelajaran sebanyak
40 butir soal. Dari analisis data yang terdistribusi normal dan bervarians homogen
dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan kriteria thitung > ttabel hipotesis
diterima dan sebaliknya.
Dari hasil analisis data pada taraf nyata (α) = 0,05 didapatkan thitung= 1,86
dan harga ttabel = 1, 67, pada derajat kebebasan 74. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang berarti antara
siswa yang diberi penempelan pertanyaan di papan tulis dengan LDS dalam model
Learning Cycle di kelas VII SMP Angkasa LANUD Padang tahun pelajaran
2010/2011. Jadi, dengan kata lain hasil belajar biologi siswa dengan
menggunakan penempelan pertanyaan di papan tulis lebih baik daripada yang
menggunakan LDS dalam model Learning Cycle.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 23 Oct 2025 01:25
Last Modified: 23 Oct 2025 01:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27595

Actions (login required)

View Item
View Item