Agustin, Riska (2011) The Effect of Implementing STAD on the First Grade Students’ Mastery of Grammar at SMAN 5 Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RISKA_AGUSTIN_77096_2831_2011.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengimplementasian
STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap penguasaan grammar
siswa di SMAN 5 Bukittinggi. Penelitian ini mengemukakan hipotesis, yakni
terdapat perbedaan yang berarti antara penguasaan grammar dalam tulisan siswa
yang diajar dengan STAD dengan yang tidak diajar dengan STAD di kelas X
SMAN 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah kelas X SMAN 5 Bukittinggi tahun ajaran 2010-2011.
Sampel diambil dengan teknik cluster sampling, sehingga diperoleh kelas X.4
sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Data berupa nilai
tes menulis oleh kedua kelompok, dan dianalisis dengan uji-t (menggunakan
rumus t-test), dan ditemukan bahwa t-hitung sebesar 5,657, sedangkan t-tabel
ebesar 2,000, yang berarti t-hitung > t-tabel pada taraf signifikasi 0,05.
Berdasarkan hasil hitungan ini, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan pada taraf 0,05 antara kemampuan grammar siswa yang diajar
menggunakan STAD dengan yang tidak menggunakan STAD. Hal ini berarti
bahwa pengimplementasian STAD dalam pembelajaran grammar dapat memberi
kan pengaruh terhadap penguasaan grammar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:45 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:45 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27582 |
