Fauzia, Rahma (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Pair Check pada Pembelajaran Matematika kelas VIII SMPN 21 Padang Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RAHMA FAUZIA_72933.pdf
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan pembelajaran matematika di sekolah yang terjadi selama
ini antara lain siswa belum aktif dalam proses pembelajaran dan kurang teliti atau
cermat dalam menyelesaikan soal. Salah satu penyebabnya, karena strategi yang
digunakan guru dalam belajar belum dapat meningkatkan aktivitas dan ketelitian
siswa. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan
siswa, meningkatkan ketelitian serta hasil belajar siswa, yaitu dengan model
pembelajaran kooperatif dengan pendekatan pair check. Hipotesis penelitian ini
adalah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran
kooperatif dengan pendekatan pair check lebih baik dari hasil belajar siswa yang
menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21
Padang. Pertanyaan dari penelitian ini adalah: Bagaimanakah aktivitas siswa kelas
VIII SMP Negeri 21 Padang yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan
pendekatan pair check pada setiap pertemuannya?
Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian eksperimen dan
penelitian deskriptif dengan model rancangan Randomized Control Group Only
Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang.
Sampelnya adalah siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen menggunakan
pembelajaran kooperatif dengan pendekatan pair check dan kelas VIII.2 sebagai
kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas
siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji hipotesis yaitu uji U pada
tingkat signifikan � = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen adalah 85,46 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 74,69. Pada
kelas eksperimen, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 86,84% dan
pada kelas kontrol 60%. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh z = -1,78, maka
tolak 0 H . Jadi, hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif dengan pendekatan pair check lebih baik dari pada siswa yang menggunakan
pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN PAIR CHECK |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:44 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:44 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27580 |
