Syahputri, Riska (2011) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Karakteristik Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Jurusan teknik Otomotif SMK Negeri 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RISKA SYAHAUTRI-08184-2011.pdf
Download (161kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa
tentang karakteristik kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa jurusan
Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Batipuh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan
metode korelasional karena bertujuan untuk melihat kekuatan hubungan antara
dua variabel. Penelitian ini dilakukan kepada siswa jurusan Teknik otomotif SMK
Negeri 1 Batipuh tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 101 orang. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tabel Isaac
& Michael. Pengumpulan data variabel persepsi siswa tentang karakteristik
kepribadian guru dan motivasi belajar siswa dari responden dilakukan melalui
angket atau kuisioner. Data yang dikumpul tersebut dianalisis secara statistik
dengan bantuan komputer program SPSS (Statistical Product Solution) versi 17
for Windows dan secara manual.
Dari hasil analisis penelitian ini diperoleh (1) secara umum persepsi siswa
tentang karakteristik kepribadian guru pada saat proses belajar mengajar
cenderung baik, dari 78 siswa yang menjadi sampel penelitian ini teryata 52,56%
siswa menunjukkan persepsi yang baik terhadap karakteristik kepribadian guru.
(2) kecendrungan motivasi belajar siswa jurusan Teknik Otomotif SMK Negeri 1
Batipuh adalah tinggi, hal ini terlihat dari 78 sampel penelitian yakni sekitar
66,67% menunjukkan motivasi belajar yang tinggi. (3) antara variabel persepsi
siswa tentang karakteristik kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa
jurusan Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Batipuh terdapat korelasi yang kuat yakni
sebesar 0,869 dan signifikan pada taraf kepercayaan 95%.
Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa
tentang karakteristik kepribadian guru dalam proses belajar mengajar memberikan
pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian, diharapkan
karakteristik kepribadian guru yang dirasakan siswa harus ditingkatkan sehingga
nantinya akan dapat meningkatkan motivasi belajar para siswanya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:41 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27564 |
