Risdawati, Risdawati (2012) Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Permainan Bahasa Bagi Siswa Kelas II SDN 17 Mata Air Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RISDAWATI_2012.pdf
Download (198kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa Siswa Kelas II SDN 17
Mata Air Kecamatan Padang Selatan Kota Padang yang kemampuan
menyimaknya masih rendah. Rendahnya kemampuan menyimak yang diperoleh
siswa disebabkan selama ini dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru
cenderung hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak ngembangkan
kemampuannya dalam menyimak kata-kata atau kalimat yang didengarnya dengan
baik,. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyimak
melalui permainan bahasa bagi siswa kelas II SDN. 17 Mata Air Kecamatan
Padang Selatan Kota Padang
Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua Siklus,
masing-masing siklus dua pertemuan. Rangkaian penelitian terdiri dari,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah
siswa kelas II SDN. 17 Mata Air Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan pencatatan lapangan, Observasi,
dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif
dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menyimak dengan menggunakan
permainan bisik berantai yaitu pada siklus I tahap pramenyimak kemampuan
siswa sebesar 56.25%, pada tahap menyimak kemampuan siswa sebesar 62.5%,
pada tahap pascamenyimak kemampuan siswa sebesar 50%. Secara keseluruhan
kemampuan menyimak siswa pada siklus I sebesar 57.69%. Pada siklus II
kemampuan menyimak dengan menggunakan permainan bisik berantai pada tahap
pramenyimak sebesar 81.25%, pada tahap menyimak kemampuan siswa sebesar
79.16%, pada tahap pascamenyimak kemampuan siswa sebesar 75%. Secara
keseluruhan kemampuan menyimak siswa pada siklus II sebesar 78.85%. Hasil
penelitian menunjukkan kemampuan menyimak dari siklus I ke siklus II terjadi
peningkatan sebesar 21.16%. Hal ini membuktikan bahwa permainan bisik
berantai terbukti dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas II SDN
17 Mata Air Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Dengan menggunakan
permainan bisik berantai kemampaun siswa dalam memahami teks bacaan
pendek, mendengarkan teks bacaan pendek dan menyampaikan teks bacaan
pendek meningkat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:41 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27562 |
