Meningkatkat Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Contextual Teaching and Lerning (CTL) di Kelas IV SD Negeri No 26 PadangTae Kabupaten Pesisir Selatan

Daswanti, Yuni (2011) Meningkatkat Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Contextual Teaching and Lerning (CTL) di Kelas IV SD Negeri No 26 PadangTae Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUNI_DASWANTI_09667_2011.pdf] Text
final_B1_YUNI_DASWANTI_09667_2011.pdf

Download (306kB)

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran adalah
masalah kurangnya pemahaman guru menggunakan suatu pendekatan
pembelajaran untuk materi tertentu. Khususnya pemebelajaran IPA guru masih
menggunakan pendekatan konvensional. Pendekatan yang digunakan belum
terlaksana dengan baik dan terencana akibatnya siswa tidak berminat untuk
belajar IPA dan nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai target yang ditetapkan.
Berdasarkan masalah tersebut peneliti mengangkat judul skripsi ini
“meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Contextual teaching and
Learning (CTL) di kelas IV SD Negeri No 26 Padang Tae Kabupaten Pesisir
Selatan “ karena pendekatan CTL merupakan suatu pendekatan yang melibatkan
siswa secata utuh dalam proses pembelajaran dan pemebelajaran dihadirkan dalam
dunia nyata.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkakan hasil belajar IPA melalui
pendekatan CTL pada siswa kelas IV SD Negeri No 26 Padang Tae Kabupaten
Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
terdiri atas empat tindakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat
tahap tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri No 26 Padang Tae . Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara.
Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Peningkatan hasil belajar siswa dap,at dilihat pada: a) Rata-rata skor aspek afektif
pada siklus I 71,52% dikategorikan dengan baik kemudian pada siklus II 81,64%;
b) Skor aspek psikomotor siswa pada siklus I 73,32% dengan kategori baik
kemudian pada siklus II 84,71% dengan kategori baik; c) skor aspek kognitif
siswa pada siklus I 70,5%. Kemudian pada siklus II rata-rata kognitif siswa
meningkat mencapai 86,5% dengan 20 siswa mencapai KKM yang telah
ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 22 Oct 2025 08:40
Last Modified: 22 Oct 2025 08:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27556

Actions (login required)

View Item
View Item