Asfina, Risda (2014) The Effect of English Movie in Pre-teaching of Transactional and Interpersonal Conversations toward Students’ Listening Achievement (An Experimental Research at SMAN 2 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RISDA_ ASFINA_12249_1583_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penggunaan film berbahasa
Inggris pada pre-teaching percakapan transaksional dan interpersonal memberikan
dampak yang lebih baik terhadap pencapaian menyimak siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest-only.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Padang tahun pelajaran
2012/2013. Dua kelas yang diasumsikan memiliki kemampuan sama pada tes
homogenitas kemudian dijadikan sampel penelitian, yaitu kelas X.4 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Pada pre-teaching menyimak
percakapan transaksional dan interpersonal, kelas eksperimen diberikan film
berbahasa Inggris sedangkan kelas kontrol diberikan pertanyaan-pertanyaan
pemancing untuk membangun latar pengetahuan siswa tentang topik
pembelajaran. Di akhir penelitian, siswa diberikan post-test menyimak yang
hasilnya digunakan sebagai data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen
lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Berdasarkan analisis statistik dengan
menggunakan rumus t-test, ditemukan bahwa nilai t-hitung adalah 3,06 yang
mana lebih besar dari t-tabel (2,003) dengan tingkat signifikansi 0,05. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “penggunaan film
berbahasa Inggris pada pre-teaching percakapan transaksional dan interpersonal
memberikan dampak yang lebih baik terhadap pencapaian menyimak siswa” dapat
diterima.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:39 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:39 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27553 |
