Nurhayati, Nurhayati (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi Know Want To Know Learned (KWL) Bagi Siswa Kelas IV SDN 05 Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NURHAYATI_90477_4382_2011.pdf
Download (225kB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelasIV saat membaca tidak diajarkan dengan strategi yang tepat, guru hanyamenyampaikan materi apa adanya, siswa disuruh membaca tanpa memberikanpenjelasan tentang arti dan tujuan membaca, guru kurang memahami langkahlangkah dari membaca intensif dan kurang menggunakan strategi pembelajaran yangberagam serta kurang memotivasi siswa. Menyikapi kenyataan di atas, makadiadakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan mendekripsikanpeningkatan kemampuan membaca intensif dengan menggunakan strategi KWL padatahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakanpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini merupakan proses daurulang atau siklus yang dimulai dari aspek mengembangkan perencanaan, pelaksanaantindakan, pengamatan terhadap tindakan dan refleksi, dan kesuksesan hasil yangdiperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiriatas dua kali pertemuan.Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus mengalami peningkatanpembelajaran membaca dengan menggunakan strategi KWL. Pada siklus I pertemuanI, tahap prabaca memperoleh nilai 62.5% pada pertemuan II 67.7%. Pada siklus Ipertemuan I, tahap saatbaca memperoleh nilai 62.5%, pada pertemuan II 66.6%. Padasiklus I pertemuan I, tahap pascabaca memperoleh nilai 61.2%, pada pertemuan II65%, pada siklus II pertemuan I, tahap prabaca memperoleh nilai 72.9% danpertemuan II 79.2%. Pada siklus II pertemuan I, tahap saatbaca memperoleh nilai70.8%, pada pertemuan II 79.1%. Pada siklus II pertemuan I, tahap pascabacamemperoleh nilai 73.7%, pada pertemuan II 76.2%. Dilihat dari hasil belajar yangdiperoleh siswa siklus I pertemuan I 63.1, pertemuan II 67.5. Pada siklus IIpertemuan I hasil belajar siswa 69.3, pada pertemuan II 75.3. Dengan demikian,strategi KWL dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV sekolahdasar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MEMBACA, MEMBACA INTENSIF |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:39 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:39 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27552 |
