Hubungan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menyunting Paragraf Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Sijunjung

Siswara, Suci Dewipa (2011) Hubungan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menyunting Paragraf Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SUCI_DEWIPA_SISWARA_76919_1687_2011.pdf] Text
final_B1_SUCI_DEWIPA_SISWARA_76919_1687_2011.pdf

Download (790kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan membaca kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Sijunjung, (2) kemampuan menyunting paragraf siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Sijunjung, dan (3) hubungan kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menyunting paragraf siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Sijunjung yang berjumlah 33 orang. Data penelitian berupa hasil tes membaca kritis dan tes menyunting paragraf siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Sijunjung. Data dianalisis berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, melakukan penyekoran. Kedua, menentukan nilai rata-rata hitung masing-masing tes. Ketiga, mengklasifikasikan nilai. Keempat, mengorelasikan variabel penelitian. Kelima, menyimpulan hasil analisis data pembahasan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa kemampuan membaca kritis dan menyunting paragraf siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Sijunjung sebagai berikut. (1) rata-rata kemampuan membaca kritis berada pada kualifikasi baik (76,60), (2) rata-rata kemampuan menyunting paragraf berada pada kualifikasi lebih dari cukup (73,84). Dengan demikian, terdapat hubungan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menyunting paragraf siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Sijunjung. Berdasarkan hasil penelitian ini, hendaknya guru bahasa Indonesia di kelas VIII perlu memperbaiki kualitas pembelajaran membaca kritis siswa dan siswa memperbanyak latihan menulis paragraf dengan menerapkan EYD, kata , kalimat dan paragraf. Disamping itu, guru diharapkan membimbing siswa, sehingga siswa mampu menerapkan EYD dengan tepat. Selain itu, guru dan siswa hendaknya bekerja sama dalam mencapai tingkat penguasaan menyunting paragraf ke arah yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca kritis, kemampuan menyunting paragraf, hubungan kemampuan membaca dan menyunting, siswa kelas VIII, SMP Negeri 11 Sijunjung, metode kuantitatif, metode deskriptif
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:06
Last Modified: 22 Oct 2025 07:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27537

Actions (login required)

View Item
View Item