Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang

Anatasia, Suci (2011) Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SUCI_ANASTASIA_76900_4588_2011.pdf] Text
final_B1_SUCI_ANASTASIA_76900_4588_2011.pdf

Download (315kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) mendeskripsikan minat baca, (2) mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman, dan (3) menganalisis hubungan minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 180 orang yang tersebar dalam enam kelas. Penarikan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, memeriksa skor terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Kedua, memberi skor yang sesuai untuk hasil tes objektif tentang kemapuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Ketiga, mengubah skor mentah minat baca dan kemampuan membaca pemahaman menjadi nilai. Keempat, mengelompokkan nilai minat baca dan kemampuan membaca pemahaman. Kelima, membuat histogram minat baca dan kemampuan membaca pemahamn siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang masing-masing indikator. Keenam, mencari nilai rata-rata (M) dari minat baca dan kemampuan membaca pemahaman. Ketujuh, mengkorelasikan variabel minat baca (X) dengan kemampuan membaca pemahaman (Y) dengan menggunakan rumus Product Moment, untuk mengetahui apakah hipotesis diterima atau tidak. Kedelapan, melakukan pengujian keberatian hipotesis. Kesembilan, membahas analisis data dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama, minat baca siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang termasuk pada kualifikasi lebih dari cukup (70,37).Kedua, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (75,12). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa, karena nilai t yang diperoleh yaitu sebesar 12,017 lebih besar dari nilai t tabel, yaitu 1,701.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat baca, kemampuan membaca pemahaman, hubungan minat baca dan pemahaman, siswa kelas VIII, SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang, pendekatan kuantitatif, metode deskriptif
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:04
Last Modified: 22 Oct 2025 07:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27533

Actions (login required)

View Item
View Item