Utari, Suci (2011) Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Disposisi Matematik Siswa Kelas X.4 SMAN 1 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SUCI UTARI-83915-2012.pdf
Download (995kB)
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa memiliki sikap dan tindakan yang positif terhadap matematika yang disebut juga dengan disposisi matematik (mathematical disposition). Akan tetapi kenyataan yang terjadi di kelas X.4 SMAN 1 Padang adalah belum berkembangnya disposisi matematik siswa dengan baik dan rendahnya hasil belajar matematika. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah disposisi matematik siswa kelas X.4 SMAN 1 Padang setelah menerapkan RME lebih baik daripada sebelum menerapkan RME dan mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan pendekatan RME. Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian pre eksperimen dan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah semua siswa pada kelas X.4 SMAN 1 Padang yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Instrumen penelitian berupa angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data untuk angket menggunakan uji statistik dan tes hasil belajar menggunakan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, disposisi matematik siswa setelah menerapkan RME lebih baik daripada sebelum menerapkan RME. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t dimana t hitung = 2,50 > t = 1,70. Kedua, tingkat ketuntasan hasil belajar matematika setelah menerapkan pendekatan RME adalah 19,35% dengan rata-rata nilai tes sebesar 55,23.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | disposisi matematik, Realistic Mathematics Education (RME), hasil belajar matematika, pendekatan pembelajaran, siswa kelas X.4, SMAN 1 Padang |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:03 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:03 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27531 |
