Analisis Soal Sumatif Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII Semester II Tahun 2006/2007 SMP Negeri 3 Kota Solok

Yaslimarni, Yaslimarni (2008) Analisis Soal Sumatif Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII Semester II Tahun 2006/2007 SMP Negeri 3 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YASLIMARNI 71106-08.pdf] Text
final_B1_YASLIMARNI 71106-08.pdf

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kesukaran dan daya beda soal
tes mata pelajaran ekonomi kelas VIII semester II di SMP N 3 Solok. Untuk itu tes
sumatif mata pelajaran ekonomi kelas VIII semester II tahun 2006/2007 di SMPN 3
Solok. Penulis akan membahas taraf kesukaran dan daya beda, dan distraktor tiap butir
soal.
Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII semester II Tahun 2006/2007 SMP Negeri 3 Kota Solok, sedangkan
sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester II Tahun Pelajaran
2006/2007 SMP Negeri 3 Solok yang berjumlah 155 orang (total sampling). Teknik
pengumpulan data adalah dokumentasi yang diambil dari lembaran tes siswa, sedangkan
teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus indeks kesukaran
dan daya beda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 15 butir soal yang dianalisis, berdasarkan
indeks kesukaran dan daya beda, kategori mudah sebanyak 3 buah soal yaitu (6,9,15),
kategori sedang 9 buah yaitu soal nomor (1,2,5,7,8,10,11) dan 3 buah soal kategori sukar
(3,4,8). Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa soal berkategori mudah dan
sukar dapat dipakai bila disempurnakan pernyataan, dan alternatif jawabannya, sehingga
diperoleh indeks kesukaran dan daya beda yang diterima

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:02
Last Modified: 22 Oct 2025 07:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27516

Actions (login required)

View Item
View Item