Suharti, Suharti (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SUARTI_90436_2011.pdf
Download (143kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari studi pendahuluan dan pengamatan terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang tidak menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Hal tersebut memberikan dampak terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu digunaan model Pembelajaran Picture and Picture. Model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran merupakan model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk belajar secara kelompok yang heterogen dan dapat menguasai konsep materi ajar melalui gambar yang diberikan. Dalam kegiatan pembelajaran guru hanya bertindak sebagai fasilitator dan motivator hal ini dikarenakan tujuan dari model pembelajaran Picture and Picture adalah untuk meningkatan kinerja dan kemampuan siswa dalam bekerjasama dan berkolaborasi. Penelitian ini dilaksanaan pada bulan Januari semester 2 tahun ajaran 2010/2011 di SD Negeri 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang dengan subjek penelitian siswa Kelas IV berjumlah 38 orang, yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 21 orang laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitia tindakan kelas (classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture ini dapat meningkatkan pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakkan. Penilaian dari proses pembelajaran pada siklus I belum mencapai hasil maksimal, karena terdapat 17 orang siswa yang belum tuntas. Selanjutnya dari penilaian siklus II, diperoleh hanya 6 siswa mendapatkan hasil belum tuntas secara keseluruhan. siklus I pertemuan pertama 70 dan pertemuan kedua 72,24. Siklus II pertemuan pertama diketahui bahwa rata-rata hasil belajar pertemuan pertama adalah 76,05 dan pertemuan kedua adalah 80,79. Dari data tersebut, dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunaan model pembelajaran Picture and Picture dari siklus I 72,06% sampai siklus II 78,42% mengalami peningkatan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | model Picture and Picture, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, hasil belajar siswa | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Faldo Aldiasep | 
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:02 | 
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:02 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27513 | 
         