Pengaruh Model Pembejaran Kooperatif Tipe Auditory, Intellectual, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang

Wendry, Rosa Pebrina (2022) Pengaruh Model Pembejaran Kooperatif Tipe Auditory, Intellectual, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_Rosa_Pebrina_Wendry_18029045_4093_2022.pdf] Text
B1_01_Rosa_Pebrina_Wendry_18029045_4093_2022.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan yang menjadi salah
satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik.
Akan tetapi pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis yang
dimiliki peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang masih rendah, terlihat
dari hasil yang diperoleh peserta didik dari soal tes kemampuan pemecahan
masalah matematis yang diberikan berupa soal cerita ditemukan bahwa peserta
didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat sesuai
dengan indikator-indikator pemecahan masalah matematis. Salah satu upaya yang
dapat diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectuall, Repetition (AIR)
dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe AIR lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran
konvensional dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan yang
terjadi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang
belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe AIR pada peserta didik
kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy experiment
dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi
pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang
dengan kelas X AKL 1 dan X AKL 2 sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk
soal essay.
Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, terlihat bahwa pada taraf
nyata diperoleh P-value = 0,000. Karena P-value < α maka ditolak.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis
yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe AIR lebih
baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis yang belajar dengan
model pembelajaran konvensional di kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 21 Oct 2025 09:05
Last Modified: 21 Oct 2025 09:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27492

Actions (login required)

View Item
View Item