Aryanti, Ririn (2021) Hubungan Keterampilan Membaca Kritis dengan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tungkal Ulu Jambi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RIRIN_ARYANTI_83449_3796_2011.pdf
Download (583kB)
Abstract
Dasar pemikiran penelitian ini dilatarbelakangi oleh enam fenomena.
Pertama, kurangnya keterampilan siswa dalam menulis, khususnya menulis
karangan argumentasi. Kedua, kurangnya keterampilan siswa dalam membaca,
khususnya membaca kritis. Ketiga, rendahnya pemikiran kritis dan logis dalam
menulis karangan argumentasi. Keempat, siswa tidak menampilkan fakta dan
eviden-eviden dalam menulis karangan argumentasi. Kelima, siswa kurang
meyakinkan pembaca dan tidak bersifat mengajakatau mempengaruhi pembaca
dalam menulis karangan argumentasi. Keenam, karangan argumentasi yang ditulis
siswa tidak dapat diuji kebenarannya berdasarkan fakta yang ada.
Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan
keterampilan membaca kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi
siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tungkal Ulu Jambi. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui dua
jenis tes yaitu tes objektif dan unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk
mengumpulkan data keterampilan membaca kritis sedangkan tes unjuk kerja
digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis karangan
argumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama,
keterampilan membaca kritis siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tungka Ulu Jambi
berada pada kualifikasi cukup (61,81%). Kedua, keterampilan menulis karangan
argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tungkal Ulu Jambi berada pada
kualifikasi cukup (62,27%). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara
keterampilan membaca kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi
siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tungkal Ulu Jambi dengan angka korelasi sebesar
0,341 menunjukkan nilai t hitung (2,34) lebih besar dari t tabel (2,021) dengan
derajat kebebasan 42 probalitas 0,05. Dengan kata lain, jika keterampilan
membaca kritis siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tungkal Ulu Jambi baik, maka
keterampilan menulis karangan argumentasinya siswa kelas XI SMA Negeri 3
Tungkal Ulu Jambi baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 08:19 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 08:19 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27487 |
