Yessari, Meri (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Melalui Pendekatan Kontekstual bagi Siswa kelas IV SDN 01 Guguk Malintang Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MERI_YESSARI_09720_4322_2011.pdf
Download (171kB)
Abstract
Pembelajaran menulis surat pribadi di SD diajarkan pada siswa kelas IV
dengan kompetensi dasar menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
atau cita-cita dengan bahasa yang baik, dan benar, dan memperhatikan EYD
(huruf besar, tanda titik, tanda koma dll). Berdasarkan studi pendahuluan
diperoleh informasi bahwa kemampuan menulis surat pribadi kelas IV SDN 01
Guguk Malintang masih rendah. Penyebabnya adalah siswa belum mampu
membuat surat pribadi sesuai dengan ciri dan karakteristik surat pribadi, siswa
belum bisa memilih kosakata yang tepat dalam penulisan surat pribadi, masih
banyak siswa menggunakan bahasa yang berbelit-belit dalam penulisan surat
pribadi dan dalam penulisan surat masih banyak siswa yang salah dalam
menggunakan tanda baca. Penggunaan pendekatan kontekstual dalam
pembelajaran menulis surat pribadi merupakan salah satu cara memecahkan
masalah pembelajaran di SD.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Guguk Malintang Kec.
Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang dengan jumlah siswa sebanyak 20
orang, 14 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada
semester genap tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari Siklus I dan Siklus II.
Tindakan ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan kemampuan
menulis surat pribadi dengan menggunakan pendekatan kontekstual bagi siswa
kelas IVN SD 01 Guguk Malintang pada tahap pramenulis, tahap saat
pascamenulis. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Data proses menulis
surat pribadi dengan pendekatan konstektual yang terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan tindakan pada saat tahap pramenulis tahap saat penulisan dan saat
pascapenulisan, pengamatan, dan refleksi.
Dari hasil belajar siswa, dengan menggunakan pendekatan kontekstual
dalam pembelajaran menulis surat pribadi cukup memuaskan. Hal ini dapat dari
hasil siklus I dan siklus II, yang mana hasil siklus I mendapat nilai rata-rata 71,75
dengan kualifikasi C. Sedangkan hasil siklus II mendapat nilai rata-rata 81,25
dengan kualifikasi B. Dapat disimpulkan dengan menggunakan pendekatan
konstektual dalam pembelajaran menulis surat pribadi terbukti dapat
meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi bagi siswa kelas IV SDN 01
Guguk Malintang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 08:18 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 08:18 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27485 |
