Pengaruh Penggunaan Modul Hidrolisis Garam Berbahasa Inggris Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI R-SMA BI 10 Padang

Zarlina, Ririn (2012) Pengaruh Penggunaan Modul Hidrolisis Garam Berbahasa Inggris Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI R-SMA BI 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIRIN ZARLINA_02022.pdf] Text
final_B1_RIRIN ZARLINA_02022.pdf

Download (625kB)

Abstract

Telah dilakukan suatu penelitian dengan tujuan mengungkapkan pengaruh
penggunaan modul hidrolisis garam berbahasa Inggris terhadap hasil belajar kimia
siswa kelas XI R-SMA BI 10 Padang. Dalam proses pembelajaran di RSBI, siswa
diharapkan dapat membaca dan memahami konsep dalam bahasa Inggris.
Kenyataannya, efektivitas penggunaan sumber atau bahan ajar berbahasa Inggris
belum optimal. Hal ini mengakibatkan siswa tidak terlatih untuk membaca dan
memahami materi pelajaran dalam bahasa Inggris. Salah satu alternatif media
yang dapat digunakan dalam pembelajaran di RSBI adalah modul berbahasa
Inggris. Modul yang digunakan mengacu pada pembelajaran konstruktivisme
yang mengutamakan keaktifan siswa dalam membangun pengetahuan dalam
dirinya.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian
Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas
XI yang terdaftar dalam semester II tahun ajaran 2011/2012. Melalui teknik
purposive sampling, terpilihlah dua kelas sebagai sampel dari tujuh kelas yang
ada. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan instrumen tes objektif
sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji
perbedaan dua rata-rata (t-tes).
Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan modul
hidrolisis garam berbahasa Inggris memiliki rata-rata nilai (88,82) yang lebih
tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan modul
(76,06). Sedangkan dari hasil uji-t menunjukkan bahwa pada taraf nyata 0,05
harga thitung = 4,568 dan harga ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel maka hipotesis
penelitian diterima, yaitu hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan
menggunakan modul hidrolisis garam berbahasa Inggris lebih tinggi secara
signifikan dibandingkan hasil belajar siswa yang belajar tanpa menggunakan
modul di kelas XI R-SMA BI 10 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:15
Last Modified: 21 Oct 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27473

Actions (login required)

View Item
View Item