Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Padang

Anggina, Radia (2011) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RADIA_ANGGINA_76920_1822_2011.pdf] Text
final_B1_RADIA_ANGGINA_76920_1822_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi keterampilan
membaca pemahaman, keterampilan menulis ringkasan, dan hubungan antara
keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan siswa
kelas VIII SMP Negeri 5 Padang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 301 orang yang tersebar ke
dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5
Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 38 orang.
Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif untuk keterampilan membaca
pemahaman dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis ringkasan. Data yang
sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Pertama, melakukan penyekoran terhadap hasil tes keterampilan membaca
pemahaman. Kedua, menentukan skor keterampilan menulis ringkasan. Ketiga,
mengubah skor tes keterampilan membaca pemahaman dan skor tes keterampilan
menulis ringakasan menjadi nilai. Keempat, mengelompokkan nilai keterampilan
membaca pemahaman dan nilai keterampilan menulis ringkasan. Kelima,
mengorelasikan variabel keterampilan membaca pemahaman dan variabel
keterampilan menulis ringkasan dengan menggunakan rumus korelasi product
moment, untuk mengetahui apakah hipotesis diterima atau ditolak. Kedelapan,
menganalisis dan membahas data penelitian dan menyimpulkan hasil pembahasan.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan
sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII
SMP Negeri 5 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai.
Kedua, keterampilan menulis ringkasan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang
berada pada kualifikasi cukup. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara
keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan siswa
kelas VIII SMP Negeri 5 Padang pada derajat kebebasan n-2 dan taraf signifikansi
95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETRAMPILAN MEMBACA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:15
Last Modified: 21 Oct 2025 08:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27471

Actions (login required)

View Item
View Item