Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011

Yasman, Robi (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RORI YASMAN-73068-2011.pdf] Text
final_B1_RORI YASMAN-73068-2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa disebabkan oleh banyak faktor salah
satunya kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan guru. Proses
pembelajaran yang masih terpusat pada guru menyebabkan siswa terbiasa sebagai
peserta didik yang pasif. Penerapan model pembelajaran aktif tipe Course Review
Horay diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan keaktifan siswa dalam
pembelajaran biologi. Dengan meningkatnya aktivitas dan keaktifan siswa dalam
pembelajaran, maka diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif tipe
Course Review Horay terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 13
Padang tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan
Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP N 13 Padang. Pengambilam sampel dilakukan
dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih
adalah kelas VII4 sebagai kelas kontrol dan kelas VII6 sebagai kelas eksperimen.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan kriteria thitung > ttabel, maka
hipotesis diterima dan sebaliknya.
Dari hasil perhitungan uji t diperoleh thitung yaitu 4,07. Bila dibandingkan
dengan ttabel yaitu 2,00, maka thitung > ttabel. Dengan demikian, hipotesis yang
dikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran aktif tipe Course Review Horay berpengaruh positif
secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 13 Padang
tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:14
Last Modified: 21 Oct 2025 08:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27467

Actions (login required)

View Item
View Item