Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Permainan Kecil dalam Materi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga di SD N 07 Sasak Ranah Pasisie

Yanti, Yanti (2011) Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Permainan Kecil dalam Materi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga di SD N 07 Sasak Ranah Pasisie. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YANTI_08470_2010.pdf] Text
final_B1_YANTI_08470_2010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah Penelitian ini berdasarkan kegiatan dilapangan bertujuan untuk
mengetahui Presepsi Siswa terhadap pelaksanaan permainan kecil dalam proses
pembelajaran pendidikan jasmani olahraga di SD N 07 Sasak Ranah Pasisie yang mana
presepsi siswa sangat buruk. Masalah tersebut disebabkan karena faktor Sekolah,
Sekolah Guru Penjas dan Sarana dan Prasarana di SD N 07 Sasak Ranah Pasisie.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengungkapkan tentang
Presepsi Siswa terhadap pelaksanaan permainan kecil dalam materi pembelajaran
pendidikan jasmani olahraga di SD N 07 Sasak Ranah Pasisie. pengambilan sampel
yang akan digunakan adalah Pourposif sampling yaitu pengambilan sampel yang dipilih
untuk penelitian sesuai kebutuhan peneliti. Sampel yang diambil adalah siswa kelas V
dan VI SD N 07 Sasak Ranah Pasisie sebagai perwakialn dari populasi dengan jumlah
50 orang yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan data dengan observasi
dan menyebarkan angket kepada siswa yang terpilh sebagai sampel penelitian. Teknik
analisis dalam penelitian ini adalah P=f/nx100%.
Sekolah merupakan suatu tempat pelaksanaan proses pemelajaran termasuk
didalamnya pengajaran penjasorkes. Dalam penelitian ini persepsi siswa terhadap
sekolah adalah sebagai berikut Alternatif jawaban 5 ( Sangat setuju ) dengan jumlah
sebanyak 222 jawaban pernyataan dengan persentase 44,8 %. Berdasarkan hasil
demikian, maka Sekolah terhadap Persepsi siswa terhadap Pelaksanaan permainan kecil
dalam Proses pembelajaran Penjasorkes di SD N 07 Sasak Ranah Pasisie dapat
dikatagorikan Cukup Baik. Presepsi siswa terhadap Guru Penjasorkes adalah sebagai
berikut pada Alternatif jawaban 4 (Setuju ) dengan jumlah sebanyak 180 jawaban
pernyataan dengan persentase 36 %. Berdasarkan hasil demikian, maka Guru Penjas
terhadap Persepsi siswa terhadap Pelaksanaan permainan kecil dalam Proses
pembelajaran Penjasorkes di SD N 07 Sasak Ranah Pasisie dapat dikatagorikan
Kurang. Presepsi siswa terhadap sarana dan prasarana adalah sebagai berikut :
Alternatif jawaban 2 (tidak setuju ) dengan jumlah sebanyak 162 jawaban pernyataan
dengan persentase 32,4 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 05:06
Last Modified: 21 Oct 2025 05:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27451

Actions (login required)

View Item
View Item