Ayuvi, Meri (2014) Pengaruh Penggunaan Teknik Melanjutkan Cerita Berbasis Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IXA SMP Negeri 3 Surian Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MERI_ AYUVI_12145_1480_2014.pdf [thumbnail of final_B1_MERI_ AYUVI_12145_1480_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MERI_ AYUVI_12145_1480_2014.pdf
Download (295kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IXA SMP Negeri 3 Surian sebelum menggunakan teknik melanjutkan cerita berbasis media gambar seri. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IXA SMP Negeri 3 Surian setelah menggunakan teknik melanjutkan cerita berbasis media gambar seri. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik melanjutkan cerita berbasis media gambar seri terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IXA SMP Negeri 3 Surian.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP N 3 Surian Kabupaten Solok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian ini adalah skor hasil tes pretest dan posttest keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan teknik melanjutkan cerita berbasis media gambar seri siswa kelas IXA SMP N 3 Surian Kabupaten Solok. Tes keterampilan menulis cerpen yang diberikan kepada siswa digunakan untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan teknik melanjutkan cerita berbasis media gambar seri terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IXA SMP N 3 Surian Kabupaten Solok.
Berdasarkananalisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis cerpen sebelum menggunakan teknik melanjutkan cerita berbasis media gambar seri siswa kelas IXA SMP Negeri 3 Surian Kabupaten Solok berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai ratarata 52,9. Kedua, keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan teknik melanjutkan cerita berbasis media gambar seri siswa kelas IXA SMP Negeri 3 Surian Kabupaten Solok berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 72,1. Ketiga, berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n– 1 karena thitung lebih besar dari ttabel (3.66 besar dari 1,67). Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan teknik melanjutkan cerita berbasis media gambar seri dalam keterampilan menulis cerpen siswa kelas IXA SMP Negeri 3 Surian Kabupaten Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Melanjutkan Cerita, Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis Cerpen. |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History P Language and Literature > PZ Children's literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:18 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27435 |