Analisis Kepuasan Siswa terhadap Quality of Service Jaringan WLAN SMKN 2 Padang Menggunakan Metode Fuzzy-Servqual

Prayudha, Agung Rorhi (2018) Analisis Kepuasan Siswa terhadap Quality of Service Jaringan WLAN SMKN 2 Padang Menggunakan Metode Fuzzy-Servqual. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AGUNG_RORHI_PRAYUDHA_1302936_412_2018.pdf] Text
B1_05_AGUNG_RORHI_PRAYUDHA_1302936_412_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

SMKN 2 Padang menyediakan layanan WLAN untuk siswa sebanyak lima access point yang tersebar di lima laboratorium komputer SMKN 2 Padang. Namun Quality of Service (QoS) yang terukur pada setiap laboratorium jurusan berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan siswa terhadap Quality of Service jaringan WLAN SMKN 2 Padang menggunakan metode Fuzzy-Servqual.
Metode yang digunakan dalam menentukan tingkat kepuasan siswa adalah metode Servqual yang memuat lima dimensi yaitu reliability, responsiveness, tangibles, security dan access. Metode Servqual diintegrasikan dengan logika fuzzy untuk menghilangkan unsur subjektifitas siswa dalam penilaian. Data dikumpulkan melalui angket yang berisi pernyataan tentang harapan dan persepsi siswa terhadap WLAN SMKN 2 Padang. Data yang terkumpul akan diolah dengan proses fuzzifikasi dan defuzzifikasi kemudian dilanjutkan dengan menentukan nilai gap (Servqual).
Hasil analisis menunjukkan bahwa gap keseluruhan bernilai negatif yang berarti siswa belum puas dengan layanan WLAN SMKN 2 Padang. Adapun nilai gap tiap dimensi di jurusan Akuntansi yaitu reliability = -0,580; responsiveness = -0,461; tangible = -0,603; security = -0,146; access = -0,463. Sedangkan di jurusan usaha perjalanan wisata (UPW) nilai gap untuk dimensi reliability = -1,620; responsiveness = -1,460; tangible = -1,897; security = -1,517; access = -1,260. Untuk gap keseluruhan jurusan Akuntansi = -0,451, sedangkan jurusan usaha perjalanan wisata (UPW) = -1,540

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quality of Service Fuzzy-Servqual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 04:06
Last Modified: 21 Oct 2025 04:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27426

Actions (login required)

View Item
View Item