Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa SMKN 4 Tebo

Putra, Agung Kurnia (2018) Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa SMKN 4 Tebo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AGUNG_KURNIA_PUTRA_1302430_1561_2018.pdf] Text
B1_05_AGUNG_KURNIA_PUTRA_1302430_1561_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara
hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan
hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan quasi
experimental dengan desain pretest-posttest only control design. Sampel
penelitian yaitu kelas X TAV-A sebagai kelas eksperimen I menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas X TAV-B sebagai kelas
eksperimen II menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
Teknik pengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen I dan kelas
eksperimen II, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji
hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen I didapatkan nilai rata-rata 82,50,
sedangkan kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata 77,06. Hasil
perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,025 didapatkan thitung> ttabel yaitu
2,172 > 2,032, karena thitung besar dari ttabel,maka hipotesis Nol (Ho) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata,
penelitian ini memperlihatkan bahwa, Terdapat perbedaan hasil belajar stelah di
terapakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Problem Based
Learning (PBL) pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa SMKN 4
Tebo. Dari hasil perhitungan didapatkan juga bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw dan Problem Based Learning (PBL) perbedaan sebesar
7,1% pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar SMKN 4 Tebo

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 04:05
Last Modified: 21 Oct 2025 04:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27418

Actions (login required)

View Item
View Item