Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Publikasi Layanan Data Online Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) di Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat

Gemilang, Agung (2017) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Publikasi Layanan Data Online Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) di Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AGUNG_GEMILANG_1306609_5231_2017.pdf] Text
B1_05_AGUNG_GEMILANG_1306609_5231_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu contoh layanan Lembaga yang menyediakan beberapa sistem informasi didalamnya, yang berfungsi untuk membantu pengunjung mencari informasi mengenai buku dan data statistik yang dicari, serta informasi lain yang dibutuhkan. Didalam layanan publikasi BPS Provinsi Sumatera Barat ini terdapat tiga bentuk sistem informasi, yang pertama adalah sistem informasi layanan publikasi data dan buku, bentuk sistem informasi yang kedua adalah sistem informasi senarai rencana terbit, dan yang terakhir adalah sistem informasi berita resmi statistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mengenai sistem informasi yang telah diterapkan di BPS Provinsi Sumatera Barat sejak 22 Maret 2012. Serta untuk mengetahui kontribusi tangibles, reliabillity, responsivenness, communication, understanding the costumers, dan access pengguna sebagai bagian dari metode SERVQUAL terhadap kepuasan pengguna sistem informasi layanan publikasi data online di BPS Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisa pengaruh pengguna layanan sistem informasi terhadap tingkat kepuasan penggunaan menggunakan metode Service Quality. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang dikhususkan kepada pengguna dari sistem informasi sebagai end-user dari sistem informasi layanan publikasi data online BPS Provinsi Sumatera Barat tersebut. Hasil analisis data menunjukkan ; variabel Tangibles, Reliabillity, Responsivenness, Communication, Understanding the Costumers, dan Access secara bersama, sama berpengaruh yang signifikan sebesar 74% terhadap kepuasan pengguna sistem informasi layanan publikasi data online BPS Provinsi Sumatera Barat, hasil ini didapatkan dari pengujian hipotesis dari masing-masing variabel. Jadi dapat disimpulkan faktor tangibles, reliabillity, responsivenness, communication, understanding the costumers, dan access memiliki kontribusi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi layanan publikasi data online BPS Provinsi Sumatera Barat, apabila kualitas dilihat dari aplikasi sistem informasi layanan publikasi data online dari ke enam faktor tangibles, reliabillity, responsivenness, communication, understanding the costumers, dan access ditingkatkan, maka kepuasan pengguna akhir juga akan meningkat

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Publikasi Layanan Data Online Service Quality
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:50
Last Modified: 21 Oct 2025 03:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27413

Actions (login required)

View Item
View Item