Rosanda, Putriersya (2011) Efektivitas Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_Putriesya_rosanda_72242_2011.pdf [thumbnail of final_B1_Putriesya_rosanda_72242_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_Putriesya_rosanda_72242_2011.pdf
Download (334kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemui guru di
dalam kelas yaitu para siswa belajar secara pasif selama proses belajar mengajar
berlangsung. Hal ini tak terkecuali untuk mata pelajaran TI&K di tingkat SMP,
terutama untuk kelas VII. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2
Batusangkar, ditemukan adanya ketidakaktifan siswa kelas VII pada umumnya
dalam proses belajar mengajar berlangsung. Untuk mengatasi masalah tersebut,
diperlukan metode pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa. Salah satunya
Metode Belajar Aktif tipe Quiz Teams. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Efektivitas Metode Belajar Aktif tipe Quiz Teams terhadap hasil belajar siswa
kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar.
Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen.
Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batusangkar yang berjumlah
215 orang yang terdiri dari 7 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive
sampling, yaitu kelas VII1 dan VII2 masing-masingnya berjumlah 32 orang.
Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir
soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban
siswa. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai
siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen 76,56
dan nilai rata-rata kelompok kontrol 67,97. Berdasarkan perhitungan t-test
diperoleh t hitung 4,32 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,01 t tabel 2,66,
sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan
Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams memberi pengaruh yang signifikan
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VII1 SMP Negeri 2
Batusangkar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | QUIZ TEAMS |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 03:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 03:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27409 |