Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Menjelaskan Dasar-Dasar Sinyal Video Siswa Kelas X Teknik Audio Video (TAV) SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Dwiharzandis, Aggrivina (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Menjelaskan Dasar-Dasar Sinyal Video Siswa Kelas X Teknik Audio Video (TAV) SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AGGRIVINA_DWIHARZANDIS_1206301_4422_2016.pdf] Text
B1_05_AGGRIVINA_DWIHARZANDIS_1206301_4422_2016.pdf

Download (520kB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran Menjelaskan Dasar-Dasar Sinyal Video di SMK Negeri 1
Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match
dengan model pembelajaran Langsung pada mata pelajaran Menjelaskan Dasar-
Dasar Sinyal Video kelas X Teknik Audio Video (TAV) semester genap SMK
Negeri 1 Sumatera Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling
dengan simple random sampling, sebagai kelas kontrol adalah X TAV A dimana
pada kelas ini menerapkan model pembelajaran langsung, sebagai kelas
eksperimen adalah X TAV B menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
Make A Match.Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian
dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil
penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 85,53, sedangkan kelas
kontrol mendapatkan nilai rata-rata 79,67. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf
signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (1,940 > 1,701), karena thitung
besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Berdasarkan hasil perhitungan persentase hasil belajar kelas
eksperimen dan kelas kontrol, terdapat pengaruh hasil belajar dengan
menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match sebesar 7,35%.
Ini berarti hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Make A Match lebih baik dibandingkan dengan model
pembelajaran Langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make A Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:34
Last Modified: 21 Oct 2025 03:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27403

Actions (login required)

View Item
View Item