Efektivitas Penerapan Model Quantum Learning Bentuk Tandur Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas Viii Smp Negeri 1 Kota Solok

Elmita, Riri (2011) Efektivitas Penerapan Model Quantum Learning Bentuk Tandur Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas Viii Smp Negeri 1 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIRI_ELMITA_88393_4609_2011.pdf] Text
final_B1_RIRI_ELMITA_88393_4609_2011.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 1 Kota
Solok. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat pada
ketidakterlibatan siswa dalam proses pembelajaran membuat siswa mengalami
kejenuhan dan tidak berminat dalam pembelajaran yang disebabkan oleh guru
lebih mendominasi kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran yang
diterapkan guru kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
efektivitas penerapan model pembelajaran “Quantum Learning” bentuk
TANDUR pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kelas
VIII SMP Negeri 1 Kota Solok.
Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen
untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok
yang berjumlah 267 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan
menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VIII B sebagai kelas kontrol
dan VII C sebagai kelas ekperimen yang masing-masing berjumlah 31 orang.
Data diperoleh dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal.
Data yang diperoleh dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes) yang
sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen
memiliki rata-rata (77,42) yang lebih tinggi daripada hasil belajar siswa kelas
kontrol memperoleh nilai rata-rata (67,23). Dari hasil perhitungan t-tes
menunjukkan bahwa thitung 5,86 dan ttabel 2,000, berarti thitung > ttabel (5,86 > 2,000).
Yang dibuktikan dengan taraf kepercayaan α 0,05. Jadi belajar menggunakan
model “Quantum Learning” bentuk TANDUR lebih efektif dari pada belajar yang
menggunakan metode konvensional yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kela VIII SMP
Negeri 1 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:27
Last Modified: 21 Oct 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27398

Actions (login required)

View Item
View Item