Efektivitas Penggunaan Software Macromedia Director sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Padang

Marliani, Yani (2011) Efektivitas Penggunaan Software Macromedia Director sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YANI_MARLIANI_72247_690_2011.pdf] Text
final_B1_YANI_MARLIANI_72247_690_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan diketahui bahwa siswa masih
mengalami kesulitan dalam memahami materi-materi dalam pelajaran TIK. Hal ini
dibuktikan dengan guru yang masih kurang memanfaatkan sumber belajar dalam
membantu proses pembelajaran, serta hasil belajar sebagian besar siswa SMP Negeri
2 Padang masih belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Macromedia director adalah software yang bisa dimanfaatkan dalam merancangan
materi pembelajaran berupa teks, gambar, animasi dan suara, Gabungan ini semua
dapat menjadi terobosan baru bagi seorang guru dalam merancang sebuah sumber
belajar yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menyatakan efektifitas hasil
belajar siswa yang menggunakan macromedia director sebagai sumber belajar pada
mata pelajaran TIK.
Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen
guna melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang yang berjumlah
191 orang yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini
adalah purposive sampling dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VII3
sebagai kelas eksperimen dan VII5 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas
tersebut berjumlah 32 orang. Data diperoleh dari hasil tes tertulis yang berupa soal
objektif berjumlah 40 butir soal mengenai 3 pokok bahasan yaitu kesehatan dan
keselamatan kerja, menghidupkan dan mematikan komputer dan sistem operasi
komputer. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t (t-test), yang sebelumnya
dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang
menggunakan macromedia director sebagai sumber belajar adalah 80 dengan standar
deviasi yang diperoleh 8,18 dan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan guru
sebagai sumber belajar adalah 73,83 dengan standar deviasi yang diperoleh 7,62.
Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 3.074 sedangkan pada taraf
kepercayaan α 0,05 ttabel 2,000, sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat
disimpulkan penggunaan macromedia director sebagai sumber belajar efektif
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VII SMP Negeri 2
Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:25
Last Modified: 21 Oct 2025 03:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27391

Actions (login required)

View Item
View Item