Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode CIRC Siswa Kelas VIII.4 SMPN 3 Sungai Geringging

Elvira, Rosi (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode CIRC Siswa Kelas VIII.4 SMPN 3 Sungai Geringging. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROSI_ELVIRA_76985_1821_2011.pdf] Text
final_B1_ROSI_ELVIRA_76985_1821_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran membaca pemahaman melalui teknik CIRC di sekolah
menengah pertama bertujuan agar siswa memiliki kemampuan dan keterampilan
untuk membaca pemahaman. Berdasarkan hasil pengamatan awal bahwa salah
satu faktornya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru untuk
meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman di sekolah tersebut belum
sesuai. Pengetahuan dan minat siswa dalam membaca masih kurang sehingga
siswa kesulitan dalam pembelajaran membaca pemahaman. Penggunakan teknik
CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman merupakan salah satu alternatif
untuk pemecahan masalah tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penggunaan
teknik CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas
VIII.4 SMP N 3 Sungai Geringging.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan rancangan ( penelitian tindakan kelas) yang meliputi:
(1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengobservasian hasil
tindakan, dan (4) refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus,
yaitu silus 1 dan siklus 2. Siklus 2 dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi pada
siklus 1. Peneliti bertindak sebagai penyaji dalam proses pembelajaran, sedangkan
sebagai pengamat atau kalabolator adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia
di kelas VIII.4 SMP N 3 Sungai Geringging.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan teknik CIRC
dalam pembelajaran membaca pemahaman, efektif untuk meningkatkan
kemampuan membaca pemahaman siswa. Dari hasil tindakan kelas ini dapat
diambil kesimpulan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan
menggunakan teknik CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.4
SMP N 3 Sungai Geringging.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:25
Last Modified: 21 Oct 2025 03:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27385

Actions (login required)

View Item
View Item