Using a Double Entry Journal Strategy in Teaching Reading Comprehension to Senior High School

Sari, Putri Yulia (2014) Using a Double Entry Journal Strategy in Teaching Reading Comprehension to Senior High School. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PUTRI_YULIA_SARI_12231_1594_2014.pdf] Text
final_B1_PUTRI_YULIA_SARI_12231_1594_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membaca sebagai salah satu keterampilan bahasa perlu dikembangkan pada berbagai jenis pendidikan agar siswa mampu memahami isi bacaan dengan baik. Hal ini sangat penting guna mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan. Namun kenyataan dilapangan masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam membaca terutama dalam memahami isi bacaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya kosa kata siswa, kurangnya dorongan terhadap siswa dalam membaca, dan strategi yang digunakan oleh guru membuat siswa merasa bosan. Berawal dari kenyataan ini, penulis tertarik untuk mengangkat dan mengajukan A Double Entry Journal Strategy sebagai salah satu strategi yang efektif dalam menigkatkan pemahaman siswa dalam membaca. A Double Entry Journal Strategy adalah strategy membaca yang melibatkan kegiatan menulis sebagai sarana untuk melihat seberapa paham siswa memahami bacaan dengan cara memberikan komentar dari setiap kutipan yang dipilihnya ataupun ditentukan oleh guru dari bacaan yang mereka baca. Siswa membuat journal yang berbentuk kolom yang dibagi menjadi dua bagian. Kolom kiri digunakan untuk menuliskan kutipan dari bacaan, kutipan ini dapat berbentuk prasa ataupun kalimat yang dirasa menarik. Kolom kanan digunakan untuk menulis komentar dari kutipan yang dibuat. Siswa bebas mengomentari apa pun yang mereka pikir berhubungan dengan kutipan tersebut berdasarkan pengetahuan dasar yang mereka miliki. Dengan menggunakan A Double Entry Journal Strategy guru dapat mempermudah siswa untuk memahami sebuah bacaan, karena siswa bisa menghubungkan apa yang dibaca dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru bahasa Inggris agar mengaplikasikan Double Entry Journal Strategy untuk menjadikan siswa lebih tertarik dan mudah dalam memahami bacaan didalam pembelajaran reading

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: USING A DOUBLE ENTRY JOURNAL STRATEGY
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:07
Last Modified: 21 Oct 2025 03:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27384

Actions (login required)

View Item
View Item