Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Pariaman

Syafriani, Ripa (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIPA_SYAFRIANI_83441_5099_2011.pdf] Text
final_B1_RIPA_SYAFRIANI_83441_5099_2011.pdf

Download (305kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
peningkatkan kemampuan membaca intensif dengan strategi DRTA siswa kelas
VIII.1 SMP Negeri 3 Pariaman.
Pengumpulan data dilakukan melalui dua alat utama, yaitu tes dan nontes.
Tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan membaca intensif,
sedangakan nontes digunakan untuk mengumpulkan data dengan strategi DRTA
dalam pembelajaran membaca inensif. Penganalisisan data dilakukan secara
deskripsi-analisis sesuai dengan penerapan konsep penelitian tindakan kelas.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama,
penerapan strategi DRTA dalam dua siklus (lima kali tatap muka) dapat
meningkatkan secara signifikan kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII.1
SMP Negeri 3 Pariaman dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama
adalah 67,72% dan siklus kedua menjadi 84,41%. Selanjutnya disimpulkan bahwa
kemampuan membaca intensif dengan strategi DRTA meningkat sebesar 16,69%
setelah melaksanakan siklus kedua. Kedua, siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 3
Pariaman cenderung menilai positif penerapan startegi DRTA dalam
pembelajaran membaca intensif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:06
Last Modified: 21 Oct 2025 03:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27371

Actions (login required)

View Item
View Item