Yance, Yance (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kec. Gunuang Omeh Kab. Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YANCE_72281_779_2011.pdf [thumbnail of final_B1_YANCE_72281_779_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_YANCE_72281_779_2011.pdf
Download (260kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kec.
Gunuang Omeh Kab. Lima Puluh Kota , terlihat proses dan hasil belajar mengajar
masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan strategi belajar aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap
hasil belajar TI&K siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kec. Gunuang Omeh Kab.
Lima Puluh Kota
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan
pendekatan quasy eksperimen untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan strategi belajar aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dengan
pembelajaran bersifat klasikal. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Kec. Gunuang Omeh Kab. Lima Puluh Kota yang terdaftar pada tahun
ajaran 2010/2011. Teknik yang digunakan untuk penentuan sampel dalam
penelitian ini adalah teknik total sampling sehingga yang menjadi sampel adalah
kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan VII2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, dan alat pengumpul data
yaitu lembaran soal tes. Setelah diperoleh data, kemudian Dianalisis dengan
menggunakan t-test yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji
homogenitas terhadap data tersebut.
Dari hasil analisis data terlihat bahwa kelas yang menggunakan strategi
belajar aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) memiliki rata-rata nilai
75,19, lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang bersifat klasikal yaitu
65,75. Dari perhitungan t test diperoleh thitung 2,9476 sedangkan ttabel 1,645,
dengan kata lain thitung lebih besar dari ttabel (2,9476 > 1,645). Berarti hipotesis
awal H0 Tidak terdapat perbedaan yang signifikan penerapan strategi belajar aktif
tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar TI&K siswa kelas
VII SMP Negeri 2 Kec. Gunuang Omeh Kab. Lima Puluh Kota ditolak. Dan
Hipotesis kedua H1 Terdapat perbedaan yang signifikan penerapan strategi belajar
aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar TI&K siswa
kelas VII SMP Negeri 2 Kec. Gunuang Omeh Kab. Lima Puluh Kota diterima.
Jadi penerapan strategi belajar aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa dan dianggap lebih baik dibandingkan dengan
pembelajaran yang bersifat klasikal
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 03:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27370 |