Hubungan Suasana Lingkungan Belajar Dalam Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Padang

Viandika, Rioma (2011) Hubungan Suasana Lingkungan Belajar Dalam Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIOMA VIANDIKA-74227-2012.pdf] Text
final_B1_RIOMA VIANDIKA-74227-2012.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan hubungan Suasana Lingkungan
Belajar Dalam Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan
SMK Muhammadiyah 1 Padang.
Jenis penelitian ini adalah korelasional, populasinya adalah siswa kelas Kelas X
Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Padang yang berjumlah 130
orang. Karena sampel lebih dari 100 maka sampel diambil 10 % dari jumlah sampel.
Teknik sampel yang digunakan adalah Proporsional Random Sampling.
Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket untuk variabel X dan
variabel Y berdasarkan hasil rekap nilai rata-rata siswa di akhir semester yang
diperoleh dibagian kurikulum.
Teknik analisis data yang diguanakan adalah: (1) Deskripsi data, (2) Pengujian
persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji homogenitas
(3) Pengujian Hipotesis yang pengolahan datanya dibantu dengan program SPSS
versi 17,0.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa suasana lingkungan belajar dalam kelas
berhubungan dengan hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,477 dan
kontribusi suasana lingkungan belajar dalam kelas (X) terhadap hasil belajar (Y)
sebesar 22,7%.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa suasana lingkungan belajar dalam
kelas berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:06
Last Modified: 21 Oct 2025 03:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27368

Actions (login required)

View Item
View Item