Sari, Ade Zulmaida (2016) Kontribusi Kecerdasan Emosional Dan pemanfaatan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ADE_ZULMAIDA_SARI_1102121_980_2017.pdf [thumbnail of B1_05_ADE_ZULMAIDA_SARI_1102121_980_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ADE_ZULMAIDA_SARI_1102121_980_2017.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah belum maksimalnya hasil belajar
teknik elektronika dasar siswa kelas X elektronika industri SMKN 4 Pariaman,
dimana 40,29% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran menerapkan dasardasar
kelistrikan yaitu 80 dengan rentang nilai 0 - 100. Hal ini disebabkan oleh
beberapa faktor diantaranya Kecerdasan Emosional dan Pemanfaatan Sarana
Prasarana .
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan besarnya kontribusi
Kecerdasan Emosional dan Pemanfaatan Sarana Prasarana terhadap hasil belajar
Teknik Elektronika Dasar siswa kelas X di SMKN 4 Pariaman. Metode penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
korelasional. Populasi penelitian berjumlah 67 siswa dan sampel berjumlah 40
siswa kelas X EI di SMKN 4 Pariaman tahun ajaran 2015/2016. Teknik
pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Data hasil belajar
diperoleh dari Guru bidang studi Teknik Elektronika Dasar di SMKN 4 Pariaman.
Sedangkan data Kecerdasan Emosional dan Pemanfaatan Sarana Prasarana
dikumpulkan melalui angket menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas
dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan bantuan komputer program
Microsoft Office Ecxel 2007 dan SPSS 16.0.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan : (1) Kecerdasan Emosional dan
pemanfaatan sarana prasarana secara bersama memberikan kontribusi terhadap
hasil belajar mata pelajaran Teknik elektronika dasar siswa kelas X di SMKN 4
Pariaman sebesar 46,1%, (2) Kecerdasan Emosional memberikan kontribusi
terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik elektronika dasar siswa kelas X di
SMKN 4 Pariaman sebesar 42,7% dan (3), Pemanfaatan Sarana Prasarana
memberikan kontribusi terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik elektronika
dasar siswa kelas X di SMKN 4 Pariaman sebesar 30,2%, Jadi dapat disimpulkan
bahwa kecerdasan emosional dan pemanfaatan sarana prasarana berkontribusi
terhadap hasil belajar siswa, semakin tinggi kecerdasan emosional dan
pemanfaatan sarana prasarana maka hasil belajar juga akan semakin baik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional Sarana Prasarana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 03:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27367 |