Rahmadani, Memi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI Teknik 1 Listrik 1 SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MEMI_RAHMADANI_79260_2698_2011.pdf
Download (269kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa sehingga
siswa cendrung pasif dan kurang partisipasi dalam proses pembelajaran dan
mempengaruhi hasil belajar yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Teknik
Listrik 1 SMK Muhammadiyah 1 Padang dalam mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan yang dibawah SKBM yang telah ditetapkan dengan nilai yaitu
70. Rendahnya nilai rata-rata ulangan harian yang di bawah SKBM tersebut
dikarenakan kurang aktifnya siswa dalam belajar, kemudian guru belum
menggunakan metode yang tepat selama pembelajaran. Salah satu upaya yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan adalah dengan menggunakan metode inkuiri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan dengan menggunakan metode inkuiri kelas XI Teknik Listrik 1
SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan mengggunakan dua siklus. Setiap siklus
dilakukan dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Listrik 1 SMK
Muhammadiyah 1 Padang, yang berjumlah 29 orang. Data dikumpulkan melalui
lembar observasi yang digunakan untuk melihat aktivitas siswa dan lembaran
hasil tes siswa digunakan untuk melihat hasil belajar siswa dalam proses
pembelajaran dari siklus I dilanjutkan II. Hasil penelitian dari dua siklus
menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan
sejak siklus I, peningkatan itu berlanjut pada siklus II.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan metode
inkuiri dalam mata pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI Teknik
Listrik 1 SMK Muhammadiyah 1 Padang mengalami peningkatan. Pada siklus I
hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas 73,58, mencapai ketuntasan belajar
(76%). Diakhir siklus II hasil belajar mencapai peningkatan nilai rata-rata kelas
88,27 dengan mencapai ketuntasan (97%). Berdasarkan temuan peneliti dapat
disimpulkan bahwa pengguaan metodeinkuiri dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI Teknik
Listrik 1 SMK Muhammadiyah 1 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 03:25 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 03:25 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27364 |
