Yulia, Putri (2011) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Ilmu Pengetahuan Alam SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PUTRI_YULIA_66938_1142_2011.pdf [thumbnail of final_B1_PUTRI_YULIA_66938_1142_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PUTRI_YULIA_66938_1142_2011.pdf
Download (202kB)
Abstract
Pembelajaran IPA terpadu belum dapat diterapkan di sekolah. Salah satu
kendala yang dihadapi adalah belum tersedianya bahan ajar untuk melaksanakan
pembelajaran IPA terpadu di sekolah. Salah satu solusi yang dilakukan agar
pembelajaran IPA terpadu di sekolah dapat dilaksanakan adalah dengan
pembelajaran Tematik dengan pendekatan IPA terpadu. Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan modul pembelajaran Tematik IPA SMP yang valid dan
efektif.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian dan pengembangan.
Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen sebelum-sesudah
untuk satu objek penelitian. Sebagai objek penelitian adalah modul pembelajaran
Tematik IPA SMP. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi: mengenal
potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mengembangkan desain produk,
melakukan validasi desain, merevisi desain, dan melakukan uji coba produk. Uji
coba produk dilakukan di SMP N 2 padang pada 20 orang siswa. Instrumen
pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu:
lembar validasi pakar dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang
digunakan ada tiga yaitu: statistik deskriptif, metoda grafik dan ststistik tberkorelasi.
Hasil analisis data validasi modul Pembelajaran Tematik IPA SMP
memiliki validitas tinggi 76,33, artinya modul Pembelajaran Tematik IPA SMP
yang dibuat memiliki validitas yang baik. Nilai ttabel pada tabel distribusi t dengan
dk=18 untuk taraf 5% nilai ttabel adalah 2,10. Harga thitung yang didapatkan dari
analisis data adalah = 13,18 dengan koefisien korelasi = 0,91. Harga thitung jatuh
pada daerah penerimaan Hi. Dengan demikian Ho ditolak dan terdapat perbedaan
yang signifikan terhadap tes hasil belajar siswa setelah perlakuan dibandingkan
tes hasil belajar siswa sebelum perlakuan. Berdasarkan analisis Data penggunaan
Modul Pembelajaran Tematik IPA efektif digunakan dalam pembelajaran IPA
kelas VIII SMP N 2 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:25 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27359 |