Hubungan Kemampuan Menyimak Berita Langsung dengan Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Padang

Rahmiati, Rini (2009) Hubungan Kemampuan Menyimak Berita Langsung dengan Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RINI RAHMIATI 63942-05-09.pdf] Text
final_B1_RINI RAHMIATI 63942-05-09.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi kemampuan menyimak berita langsung dengan kemampuan menulis berita siswa kelas IX SMP Negeri 35 Padang, serta hubungan kemampuan menyimak berita langsung dengan menulis berita siswa kelas IX SMP Negeri 35 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 35 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif untuk kemampuan
menyimak berita langsung dan tes unjuk kerja untuk kemampuan menulis berita.Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, melakukan penyekoran terhadap hasil tes kemampuan menyimak berita langsung. Kedua, menentukan skor kemampuan menulis berita .Ketiga, mengubah skor tes kemampuan menyimak berita langsung dan skor kemampuan menulis berita menjadi nilai. Keempat, mengelompokkan nilai kemampuan menyimak berita langsung dan nilai kemampuan menulis berita.
Kelima, mencari nilai rata-rata (mean) dan (SD) dari nilai kemampuan menyimak berita langsung dan menulis berita. Keenam, membuat histogram kemampuan menyimak berita langsung dan kemampuan menulis berita. Ketujuh,mengorelasikan variabel kemampuan menyimak berita langsung dan variabel
kemampuan menulis berita dengan menggunakan rumus korelasi produk momen,untuk mengetahui apakah hipotesis diterima atau ditolak. Kedelapan, membahas hasil analisis data dan menyimpulkannya. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menyimak berita langsung siswa kelas IX
SMP Negeri 35 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai 84,31.Kedua, kemampuan menulis berita siswa kelas IX SMP Negeri 35 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LDC) dengan nilai 72,30. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menyimak berita langsung dengan kemampuan menulis berita siswa kelas IX SMP Negeri 35 Padang.pada derjat kebebasan n-2 dan pada taraf signifikan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:24
Last Modified: 21 Oct 2025 02:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27352

Actions (login required)

View Item
View Item