Saroro, Memet (2011) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Di Kelas V SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MEMET_SARORO_90713_4272_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan model
pembelajaran konvensional, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran
(teaching centered) sehingga hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan
(PKn) siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan
tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student
Teams Achievement Divisions (STAD) yang menjadikan siswa pusat
pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk
memperbaiki proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di
kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri
15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara,
tes, dan lembar pengamatan. Model pembelajaran kooperatif tipe (STAD)
merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok
belajar yang beranggotakan 5 atau 6 orang siswa. Model pembelajaran ini
dilakukan melalui tujuh tahap, dimulai dari penyajian materi oleh guru,
kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan terhadap hasil kerja kelompok,
mengerjakan tes secara individu, pemeriksaan hasil tes, dan penghargaan
kelompok.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa di kelas V SD Negeri 15 Ulu
Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Dari hasil belajar siswa yang
dilakukan pada penilaian proses pada aspek afektif diperoleh nilai 62,0 serta
pada aspek psikomotor 64,0 dan aspek kogitif untuk penilaian hasil pada
siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata 62,0 dan terjadi peningkatan hasil
belajar siswa pada siklus II yaitu pada penilaian proses aspek afektif dengan
nilai rata-rata 86,0 serta pada aspek psikomotor 86,0 dan pada aspek
kognitif untuk penilaian hasil diperoleh nilai dengan rata-rata 81,0.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. | 
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:05 | 
| Last Modified: | 21 Oct 2025 02:05 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27348 | 
         