Noviardi, Rio (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pelajaran Memelihara Unit Final Drive di Kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIO NOVIARDI-74196-2012.pdf [thumbnail of final_B1_RIO NOVIARDI-74196-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIO NOVIARDI-74196-2012.pdf
Download (202kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian siswa tidak mau bertanya,
mengeluarkan pendapat dan tidak aktif dalam belajar sehingga guru tidak
mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang
diberikan. Selain itu siswa kurang memperhatikan guru ketika menerangkan
pembelajaran, ini terlihat jika guru mengajukan pertanyaan sangat sedikit siswa
yang mengacungkan tangan dan berani menjawab serta kemampuan berfikir siswa
sangat rendah karena metoda pembelajaran yang digunakan sebelumnya tidak
mengembangkan kemampuan berfikirnya. Penyebab munculnya fenomena
tersebut diduga karena pembelajaran kurang melibatkan siswa aktif dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelejaran
koopertatif tipe STAD (student teams achievement divisions) sebagai upaya
meningkatkan aktivitas siswa dalam pelajaran memelihara unit final drive di kelas
XI TKR 2 SMK Muhammadiyah 1 Padang. Hipotesis Tindakan yang diajukan
adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa pada pelajaran
memelihara unit final drive di kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah 1 Padang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Siswa yang diteliti
yaitu kelas XI TKR 2 terdiri dari 40 orang, penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Data
dikumpulkan melalui observasi dan pemberian tes hasil belajar. Kriteria
Ketuntasan Mnimal mata pelajaran memelihara unit final drive yaitu 7,0.
Hasil Analisis terhadap aktifitas siswa selama proses pembelajaran pada
setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I masih ada beberapa aktifitas
siswa belum mencapai indikator yaitu masih kurang dari 70% sedangkan pada
siklus II semua aktifitas siswa melebihi indikator yaitu siswa yang aktif ≥ 70%
dan guru pada umumnya telah melakukan aktifitas yang seharusnya dilakukan
dalam pembelajaran. Rata-rata hasil belajar siswa mulai dari pra siklus sampai
siklus II mengalami peningkatan mulai dari 6,58 sampai 7,96. Jumlah siswa yang
tuntas juga makin banyak mulai dari 45% sampai 85%. Berdasarkan penelitian
tindakan kelas (classroom action research) dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktifitas dan jumlah
siswa yang tuntas dalam mata pelajaran memelihara unit final drive. Penelitian ini
perlu peningkatan lebih dalam bagi guru dalam upaya mengembangkan salah satu
model pembelajaran dengan tipe STAD. Disarankan kepada pengambilan
kebijakan untuk selalu memberikan bimbingan dan dukungan untuk menerapkan
model pembelajaran tipe STAD bagi guru-guru dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 01:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27346 |