Yalmisatri, Yalmisatri (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Vll.l SMP Negeri 1 Lengayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YAL,ISATRI_07351_2011.pdf [thumbnail of final_B1_YAL,ISATRI_07351_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_YAL,ISATRI_07351_2011.pdf
Download (187kB)
Abstract
Berdasarkan observasi di lapangan ditemukan pelaksanaan pembelajaran
bahasa lndonesia siswa kelas VII.I SMP Negeri 1 Lengayang tahun ajaran
2009/2010 hanya memakai metode ceramah, yang terlihat siswa cepat bosan. Hal
ini mengakibatkan siswa kurang aktif dalam belajar, siswa kurang mampu
menghubungkan konsep yang dipelajari dan mengaplikasikannya dengan
kehidupan sehari-hari, siswa sering tidak mengerjakan PR, sehingga hasil belajar
rendah. Siswa sering lupa terhadap konsep-konsep yang telah dipelajari dan lainlain.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning pada
pelajaran bahasa Indonesia di kelas VII.I SMP Negeri I Lengayang. Hipotesis
tindakan yang dikemukakan adalah pendekatan Contextual Teaching Learning
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa
Indonesia khususnya pada pokok bahasan penulisan kreatif puisi dikelas VII.I
SMP Negeri Lengayang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VII-I SMP Negeri I Lengayang semester I ajaran
2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi dan lembaran tes. Data yang terkumpul
dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan teknik persentase.
Hasil temuan dari penelitian ini pada siklus I aktivitas siswa masih ada
yang bernilai cukup dan ketuntasan hasil belajar siswa baru mencapai nilai 68,4%
sedangkan batas ketuntasan yang diharapkan 75%. Selanjutnya hasil temuan pada
siklus II sudah menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dimana semua aktivitas
sudah benilai baik dan amat baik. Ketuntasan belajar siswa sudah mencapai
78,9%. Ini berarti bahwa siswa yang menguasai materi yang disampaikan telah
melebihi ketuntasan belajar yang diharapkan. Jadi dengan menggunakan
pendekatan Contextual Teaching Learning, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas VII.I SMP Negeri I
Lengayang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 08:56 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 09:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27335 |