Efektivitas Metode Role-Playing pada mata pelajaran PKN kelas VII SMPN 1 Batusangkar

Yanni, Putri (2011) Efektivitas Metode Role-Playing pada mata pelajaran PKN kelas VII SMPN 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PUTRI_YANNI_12250_2011.pdf] Text
final_B1_PUTRI_YANNI_12250_2011.pdf

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemui guru
didalam kelas yaitu para siswa belajar secara pasif selama proses belajar mengajar
berlangsung. Hal ini tak terkecuali untuk mata pelajaran PKN di tingkat SMP,
terutama untuk kelas VII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
hasil belajar siswa dalam metode pembelajaran Role-Playing dan untuk
mengetahui apakah dengan metode Role-Playing ini akan efektif. Berdasarkan
observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Batusangkar, ditemukan adanya
ketidakaktifan siswa kelas VII pada umumnya dalam proses belajar mengajar
berlangsung. Ketidakaktifan siswa ini terjadi karena materi pelajaran PKN untuk
kelas VII didominasi oleh materi yang bersifat teori. Untuk mengatasi hal tersebut
siswa harus belajar secara aktif dengan menerapkan salah satu metode belajar
yaitu Metode Belajar Role-Playing.
Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen.
Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batusangkar yang
berjumlah 235 orang yang terdiri dari 7 kelas dan teknik pengambilan sampelnya
Cluster Random Sampling, Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel
secara acak. yang terdiri dari kelas VII6 dan VII1 masing-masingnya berjumlah 33
orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal Objektif sebanyak
40 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran
jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber
datanya nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen 84,90
dan nilai rata-rata kelompok kontrol 68,64. Berdasarkan perhitungan t-test
diperoleh t hitung 6,672 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,01 t tabel 2,66
sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan
Metode Belajar Role-Playing memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil
belajar siswa serta dapat pula meningkatkan aktifitas belajar siswa secara mandiri
pada mata pelajaran PKN dikelas VII SMP Negeri 1 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE ROLE - PLAYING
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2025 08:55
Last Modified: 20 Oct 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27332

Actions (login required)

View Item
View Item