Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV SDN 20 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang.

Putri, Novika (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV SDN 20 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVIKA_PUTRI_90734_2926_2011.pdf] Text
final_B1_NOVIKA_PUTRI_90734_2926_2011.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah yang ada di SDN 20 Alang Lawas KecamatanPadang Selatan. Masalahnya terdapat pada pencapaian hasil belajar siswa kelas IVSDN 20 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang dalam pembelajaranIPA, yang mana penyampaiannya berupa teori sehingga konsep materinya masihkurang dipahami siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yangdiselenggarakan guru lebih bersifat penyampaian dengan penggunakan metodeceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Padahal pembelajaran IPA dapatdilaksanakan dengan menyenangkan, karena tanpa disadari siswa pembelajaran IPAsering mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dapat dilakukandengan membimbing, menuntun, mengarahkan, serta memotivasi siswa untuk mencaritahu sendiri materi yang ingin dipelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual dikelas IV SD.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dankuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitianterdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan,pengamatan dan refleksi.Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperolehdari hasil pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa. Subjek penelitian adalah siswakelas IV SD terteliti yang berjumlah 43 orang. Hasil pengamatan pada aktivitas gurupada siklus 1 mencapai keberhasilan cukup dan pada siklus 2 meningkat mencapaikeberhasilan sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus 1 mencapaikeberhasilan cukup dan siklus 2 mencapai keberhasilan sangat baik. Nilai ketuntasanbelajar IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siklus I dan siklus IImengalami peningkatan, di mana taraf ketuntasan belajar siswa siklus I berada padataraf cukup dengan rata-rata 62%, sedangkan pada siklus II mencapai tarafkeberhasilan sangat baik dengan persentase 86%. Selain itu, siswa telah terlatih untukmencari tahu, mendemonstrasikan di dalam kelompok dan perhatian siswa terpusatpada materi pembelajaran sehingga siswa dengan mudah melaporkan hasil diskusikepada teman yang lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaranIPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas IV SDN 20 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR IPA, PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:52
Last Modified: 20 Oct 2025 09:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27316

Actions (login required)

View Item
View Item