Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching yang Dipadukan dengan Teknik Catatan Tulis dan Susun terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan dan Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang

Utari, Nadia (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching yang Dipadukan dengan Teknik Catatan Tulis dan Susun terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan dan Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NADIA_ UTARI_13775_1163_2014.pdf] Text
B1_05_NADIA_ UTARI_13775_1163_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan dan Elektronika di
SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching yang
dipadukan dengan teknik catatan tulis dan susun dengan model pembelajaran
langsung pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan dan
Elektronika kelas X TAV semester ganjil SMK Negeri 5 Padang Tahun Ajaran
2013/2014. Jenis penelitian ini bersifat true experimental. Pengambilan sampel
dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas
kontrol adalah XE3 TAV menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas
eksperimen adalah XE1 TAV menggunakan model pembelajaran quantum
teaching yang dipadukan dengan teknik catatan tulis dan susun. Teknik
pengumpulan dilakukan dengan pemberian post-test setiap pertemuan, kemudian
dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil
penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 78,7, sedangkan kelas
kontrol mendapatkan nilai rata-rata 69,7. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf
signifikan α=0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu 4,887 > 2,042, karena thitung besar
dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.
Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching yang
dipadukan dengan teknik catatan tulis dan susun lebih baik dibandingkan dengan
model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:52
Last Modified: 20 Oct 2025 09:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27315

Actions (login required)

View Item
View Item