Pengembangan Model Lembar Kerja Siswa (LKS) Dilengkapi Komik Strip Pada Materi Menulis Narasi Sugestif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padang

Antonia, Stephani (2014) Pengembangan Model Lembar Kerja Siswa (LKS) Dilengkapi Komik Strip Pada Materi Menulis Narasi Sugestif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_STEPHANI_ ANTONIA_17321_1157_2014.pdf] Text
final_B1_STEPHANI_ ANTONIA_17321_1157_2014.pdf

Download (622kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah LKS yang digunakan di sekolah selama ini belum menarik minat baca siswa dan belum meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Hal ini disebabkan tampilan LKS yang monoton dan tidak didukung oleh media yang menarik sehingga mengurangi minat siswa menggunakan LKS dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model LKS dilengkapi komik strip pada materi menulis narasi sugestif untuk siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and the development) dengan desain pengembangan menggunakan 4-D models, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Namun, mengingat keterbatasan penelitian, peneliti hanya melakukan sampai pada tahap develop (pengembangan). Data penelitian ini merupakan data primer atau data yang diperoleh langsung dari angket validitas, angket praktikalitas yang telah divalidasi dan hasil tes ranah kognitif untuk efektivitas. Hasil penelitian ini adalah model LKS dilengkapi komik strip pada materi menulis narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Dari hasil analisis angket validitas diperoleh rata-rata validitas LKS adalah 91,84% dengan kriteria sangat valid. Sementara itu, dari hasil analisis angket praktikalitas diperoleh rata-rata praktikalitas LKS oleh guru adalah 86,5% dengan kriteria praktis dan rata-rata nilai praktikalitas LKS oleh siswa adalah 84,07% dengan kriteria praktis. Kemudian, untuk keefektifan Model LKS dilengkapi komik strip diperoleh nilai ketuntasan siswa menulis karangan narasi sugestif rata-rata di atas KKM (nilai tertinggi 95) dan untuk uji t, t tabel pada taraf signifikan 95% < t (2,024 < 16,944) sehingga penggunaan model LKS dilengkapi komik strip pada materi menulis narasi sugestif efektif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama, telah dihasilkan model LKS dilengkapi komik strip pada materi menulis narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang. Kedua, model LKS yang dihasilkan dinyatakan valid oleh validator, baik dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian modul maupun kegrafisan dengan nilai 91,84%. Ketiga, model LKS yang dihasilkan juga dinyatakan praktis, baik dari segi aspek kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran maupun manfaat dengan nilai 86,5% oleh guru dan 84,07% oleh siswa. Keempat, model LKS yang dihasilkan dinyatakan efektif karena t tabel < t pada taraf signifikan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS, komik strip, materi menulis narasi sugestif, validitas, praktikalitas, efektivitas, siswa kelas X, SMA Negeri 8 Padang, penelitian pengembangan, 4-D model
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:50
Last Modified: 20 Oct 2025 07:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27306

Actions (login required)

View Item
View Item