Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe “Rotating Trio Exchange” Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IS Di SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok

Putri, Srinola (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe “Rotating Trio Exchange” Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IS Di SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRINOLA_PUTRI_73587_4287_2011.pdf] Text
final_B1_SRINOLA_PUTRI_73587_4287_2011.pdf

Download (970kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah di Sekolah bahwa masih rendahnya pemahaman konsep siswa dalam materi pembelajaran sejarah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya proses pembelajaran sejarah yang masih berupa penyampaian informasi yang membuat siswa hanya mampu mengigat, tetapi tujuan dari pembelajaran sejarah salah satunya untuk melatih siswa berfikir 3 (tiga) dimensi waktu melalui pemahaman konsep dalam materi pembelajaran sejarah. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah melalui strategi pembelajaran aktif tipe “rotating trio exchange”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe “rotating trio exchange”terhadap pemahaman konsep dalam materi pembelajaran sejarah siswa kelas XI IS di SMA N I Kubung Kabupaten Solok. Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah agar guru dapat merancang strategi pembelajaran yang menjadikan siswa aktif dan mandiri dalam menemukan sendiri inti materi yang akan di pelajari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana data diperoleh melalui Eksperimen langsung pada siswa SMA N I Kubung Kabupaten Solok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA N I Kubung Kabupaten Solok yang berjumlah 132 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini berdasarkan random kelompok, dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar sejarah yang sama. Pengambilan sampel sebanyak dua kelas yaitu satu untuk kelas exsperimen dan satu lagi kelas kontrol yang berjumlah 66 orang. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata (81,43) yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol (75,60). Sedangkan dari t – test diperoleh t adalah 2,14. Jadi, hipotesis yang dikemukan sebelumnya dapat diterima pada taraf nyata α=0,05. Dengan demikian peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami konsep dalam materi sejarah pada kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe rotating trio exchange berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam memahami konsep dalam materi pembelajaran sejarah siswa kelas XI IS di SMA N 1 Kubung Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif, Rotating Trio Exchange, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Sejarah, SMA
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:47
Last Modified: 20 Oct 2025 07:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27295

Actions (login required)

View Item
View Item