Hansen, Romy (2010) Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa Melalui Metoda Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Las Dasar di Kelas X SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ROMY_HANSEN_65588_1162_2010.pdf
Download (176kB)
Abstract
Mata pelajaran Las Dasar pada dasarnya mengajarkan tentang keterampilan
menggunakan peralatan las untuk menyambung dan memotong suatu benda dari
logam besi, dengan demikian siswa dituntut untuk terampil dalam penggunaan
peralatan las contohnya menyambung suatu benda, memotong dan menggunakan
alat secara baik dengan memperhatikan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)
sekaligus dalam kemampuan aspek berfikir (intelektual) serta memiliki sikap yang
baik dalam pemanfaatan informasi. Melihat berbagai ketimpangan di kelas yang
berakibat kurangnya keterampilan siswa antara lain disebabkan karena mereka
kurang mengetahui bagaimana cara melatih agar keterampilan siswa berkembang.
Sementara itu guru dalam proses pembelajaran sering tidak melaksanakan metode
pembelajaran yang bervariasi dan tidak mempunyai/membuat instrumen unjuk kerja
dimana dapat meningkatkan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan atau melihat keterampilan las siswa Kelas X M SMK Negeri 5
Padang pada mata pelajaran Las Dasar dengan metode pembelajaran explicit
instruction.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas,
sedangkan subjek penelitian adalah siswa Kelas X M 1 SMK Negeri 5 Padang pada
semester genap Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 33 orang siswa. Teknik
Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, sedangkan alat pengumpul
data yang digunakan adalah lembaran observasi. Data yang terkumpul dianalisis
secara kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa Kelas X M 1 SMK
Negeri 5 Padang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan
explicit instruction meningkat dari siklus I sampai siklus III. Jadi dapat disimpulkan
dengan metoda pembelajaran explicit instruction keterampilan siswa dapat
meningkat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:45 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 07:45 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27286 |
